PEMBAHASAN I
Penelitian Psikologi dan Internet
A. Publikasi Online
Jaman yang
serba canggih sekarang semua orang fasih dalam menggunakan internet atau
komputer, Penelitian psikologi menunjukkan bahwa jika
seseorang diajukan pertanyaan-pertanyaan sulit, mereka akan memikirkan
komputer. Ketika mereka mengetahui bahwa berbagai
fakta nantinya akan didapat lewat komputer maka ingatan mereka menjadi tidak
begitu baik karena mereka mengetahui dapat mengandalkan sumber lain.
Publikasi Online adalah
suatu informasi atau pesan atau pengumuman dalam bentuk online atau diterbitkan
atau di umumkan dalam dunia internet melalu media elektronik baik melalui
komputer, laptop atau apa saja yang dapat terhubung dalam dunia online, banyak
sekali manfaat dari publikasi online ini apalagi di jaman sekarang yang
rata-rata masyarakat diseluruh dunia dapat terhubung atau menggunakan internet
untuk alat mencari atau bertukar informasi, banyak yang dapat dilakukan dalam
publikasi online misalnya berjualan atau memasarkan produk-produk baru atau
produk bekas sekalipun banyak juga perusahaan atau hanya sekedar home
production yang dipasarkan melalui publikasi online, semua itu sangat
bermanfaat dan lebih mengirit biaya karena biayanya relatif murah dan lumayan
bagus karena tidak hanya masyarakat dalam negeri saja bahkan dunia pun bisa
tahu saat kita mulai menggunakan publikasi onlien ini. Maka dari itu publikasi
onlien sangat berguna untuk kita di jaman modern dan serba cepat ini.
perkembangan teknologi
informasi yang semakin pesat, khususnya internet, telah membuat dunia semakin
datar. Hal ini berdampak pada proses kolaborasi dan publikasi yang menjadi
semakin mudah dan cepat dilakukan. Web 1.0 pun kini bergerak menjadi Web 2.0
yang pada intinya memberikan hak lebih kepada pengguna untuk berpartisipasi
secara aktif. Contoh layanan web yang menggunakan pendekatan web 2.0 ini adalah
situs jejaring sosial yang akhir-akhir ini marak digunakan, seperti Facebook
dan Friendster, termasuk juga Blogs (wordpress.com, blogspot.com,
multiply.com), dan Wikipedia.
Banyak yang dapat
dilakukan dalam publikasi online misalnya untuk berjualan dan memasarkan
produk-produk. Banayak juga perusahaan yang menawarkan pekerjaan melalui
internet. Semua ini sangat bermaanfaat dan lebih irit biaya karena relatif
murah, mudah dan cepat. Maka dari itu publikasionline sangat bermanfaat untuk
kepentingan dan keperluan di jaman yang serba cepat dan modern ini.
B. Etika
dalam Penelitian Dengan Penggunaan Internet
Etika berasal
dari bahasa Yunani Kuno: "ethikos" yang berarti "timbul dari
kebiasaan". Etika adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang
utama filsafat yang mempelajarinilai atau
kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Secara
garis besar,
penelitian percobaan (eksperimen) terbagi menjadi penelitian laboratorium (laboratory
experiment) dan penelitian lapangan (field experiment).
Masing-masing penelitian tersebut memliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.
1. Penelitian laboratium
Penelitian
laboratorium merupakan penelitian yang dilakukan dalam ruangan tertutup,
dimana kelompok eksperimen dijauhkan dari variable pengganggu sebab dapat
memengaruhi hasil dari pengujian hubungan sebab akibat.
- Kelebihan penelitian
ini adalah hasil dari penelitian ini lebih dapat di pertanggungjawab kan keabsahannya karena
hanya memfokuskan pada pengujian
hubungan sebab dan akibat.
- Kelemahan penelitian
laboratorium adalah penelitian ini belum tentu dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Penelitian lapangan
Penelitian
lapangan merupakan penelitian yang dilakukan dalam ruangan terbuka,
dimana kelompok eksperimen masih dapat berhubungan dengan faktor-faktor luar.
- Kelebihan
penelitian lapangan adalah hasil penelitian ini dapat diberlakukan dalam
kehidupan sehari-hari.
- Kelemahan
penelitian lapangan adalah tingkat kepastian
hubungan sebab akibat tidak sebesar pada penelitian laboratorium karena
sulitnya untuk mengontrol variabel-variabel pengganggu.
Dalam
melakukan sebuah penelitian percobaan, terdapat etika dan aturan-aturan
yang harus diperhatikan oleh sang peneliti karena menyangkut kebebasan dan hak
asasi subjek penelitian. Berikut adalah etika penelitian
percobaan:
Ø
Mengirimkan hasil penelitian kepada subjek.
yang telah dilakukan.
Ø
Memberikan terapi atau bantuan pemulihan kepada
subjek yang mengalami akibat negatif, baik
secara fisik atau psikis dari
penelitian, sampai kembali sehat
seperti semula.
Ø
Penelitian yang melibatkan binatang harus memperhatikan
akibat negatif yang mungkin dialami binatang, seperti indra melemah,
menyendiri, serta memar atau luka fisik.
Beberapa alasan mengenai pentingnya etika dalam dunia maya
adalah sebagai berikut:
1.Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang
mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.
2.Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia
yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
3.Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet
memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni
yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
4. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu
bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru didunia maya
tersebut.
Dasar-dasar
etika yang perlu diketahui:
- Jujur dalam
mencantumkan sumber dan penulis
- Kutip
seperlunya
- Bijak dalam
meng-copy sebuah situs
C. Jurnal Penelitian
Psikologi Pembahasan Internet
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas Jurnal mengenai
“Pengaruh Loneliness terhadap Internet Addiction pada Individu Dewasa Awal
terhadap Internet”.
Individu dalam tahapan dewasa awal dengan tugas perkembangan
membentuk hubungan intim dengan orang lain, maka membutuhkan intimasi yang
merupakan unsur pokok dalam kepuasan suatu hubungan. Jika individu tidak
berhasil mengembangkan intimasinya maka akan mengalami isolasi dan merasakan
loneliness. Loneliness diartikan oleh Peplau dan Perlman sebagai perasaan yang
dirugikan dan tidak terpuaskan yang dihasilkan dari kesenjangan antara hubungan
sosial yang di inginkan dan hubungan sosial yang dimilikinya.
Ada tiga elemen dari definisi loneliness yang dikemukakan oleh Peplau
dan Perlman, yaitu
-pengalaman
subyektif yang tidak bisa diukur dengan observasi sederhana
-perasaan yang
tidak menyenangkan
-secara umum
merupakan hasi dari kurangnya/terhambatnya hubungan sosial.
Faktor yang
mempengaruhi loneliness:
-usia
-status perkawinan
-jenis kelamin
-status sosial
ekonomi
-karakteristik
Dari hasil penelitian diketahui bahwa adanya pengaruh positif
terhadap internet addiction. Masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi
internet addiction pada pengguna internet. Misalnya, faktor genetik, biologis,
cinta, budaya, agama dan norma.
Mckenna dan Bargh menyatakan bahwa penggunaan internet
sebagai salah satu upaya mengatasi loneliness membawa dampak positif sekaligus negatif.
Biasanya menimbulkan keuntungan seperti mengurangi loneliness, mengembangkan
perasaan, mendapatkan dukungan sosial dan membentuk persahabatan secara online.
Tetapi di sisi lain malah menyebabkan individu memiliki waktu terbatas untuk
berinteraksi terhadap dunia nyata. Penelitian lainnya menunjukan bahwa individu
yang mengalami loneliness dapat menyebabkan gangguan dalam fungsi kehidupan
sehari-hari.
Terdapat pengaruh positif loneliness terhadap internet
addiction pada pengguna internet. Artinya semakin tinggi loneliness yang
dirasakan pengguna internet maka akan semakin tinggi juga internet addicion
yang dirasakan ataupunsebaliknya.
Tidak ada perbedaan loneliness pada pengguna internet yang
ditinjau dari usia. Tidak ada juga perbedaan pada pengguna internet bila
ditinjau dari jenis kelamin. Tetapi jika ditinjau melalui status pekerjaan,
terdapan perbedaan yang signifikan.
Semestinya pengguna internet menyadari kemungkinan mengalami
internet addiction dan pentingnya mengontrol pola penggunaan internet agar
kehidupan sosial didunia nyatatidak terganggu.
Mayoritas remaja di pamekasan mulai mengenal dan mengaplikasikan
internet sejak masa smp, dimulai pada saat akan memasuki dunia menengah pertama
hingga menjelang mengakhiri dunia sekolah. Pada umumnya remaja (khususnya
pelajar) dipamekasan mulai mendapatkan pelajaran T.I.K tentang internet pada
saat masa sekolah menengah pertama, pada saat itu mereka mengakui adanya
pengaruh yang sangat besar tentang pandangan orang lain terhadap diri mereka,
seperti, tidak menginginkan adanya pandangan bahwa mereka gagap teknologi,
karena hal itulah peneliti menemukan adanya rasa minder atau rasa tidak percaya
diri pada remaja yang tidak atau kurang mengetahui internet, sehingga, mereka
melakukan suatu upaya untuk menghilangkan anggapan orang tersebut, dalam hal
ini kami melihat teman sebaya merupakan faktor yang sangat mendominasi
dikalangan remaja, pergaulan mereka dapat menciptakan suasana dapat saling
menerima dan memberi, dimana para responden kami kebanyakan mengatakan bahwa
“melihat teman saya bisa mengaplikasikan internet, saya menjadi semangat untuk
belajar juga” karena hal itu mereka melakukan suatu imitasi sikap, namun,
walaupun mayoritas remaja memulai mengenal internet dengan cara yang relatif
sama, sikap mereka dalam menghadapi perkembangan internet berbeda satu sama
lain, karena intensitas mereka dalam mengakses internet berbeda, hal ini akan
di bahas lebih mendetil dalam pembahasan berikutnya.
Dampak pada perkembangan inteligensi
Greenfield yang telah menelaah lebih dari 50 penelitian tentang penggunaan
internet dalam perkembangan inteligensi remaja, menunjukkan adanya peningkatan
dalam visual reasoning. Hal tersebut meliputi bagaimana individu mengindera
secara visual dan memprosesnya hingga mencapai suatu kesimpulan.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa individu yang mendapatkan pelatihan
berupa simulasi melalui komputer akan menunjukkan performa yang lebih baik
dalam prakteknya di dunia nyata dibandingkan individu yang tidak melakukan
simulasi.
Remaja zaman sekarang juga
lebih baik dalam melakukan multitasking dibandingkan generasi sebelumnya. Hal
ini tampaknya berkaitan dengan meningkatkan informasi visual yang harus
diprosesnya pada saat bersamaan seperti saat mereka berinteraksi dengan
internet.
Dampak pada perkembangan moral
Beberapa aksi kemanusiaan dalam menghadapi peristiwa-peristiwa besar
seperti bencana alam dapat diakses langsung oleh masyarakat luas, termasuk juga
remaja pengguna internet. Aksi tersebut sering memicu tumbuhnya solidaritas
untuk merasakan bahkan membantu individu lain yang sedang tertimpa musibah. Hal
tersebut dapat mendorong perkembangan moral yang adekuat.
Dampak pada perkembangan fisik.
Salah satu dampak bila internet digunakan dengan tepat adalah adanya
kemungkinan untuk melakukan aktivitas fisik tanpa dibatasi oleh waktu dan dapat
dilakukan di rumah. Seperti game yang menggunakan dancing pad, dapat dilakukan
setiap saat diwaktu yang senggang.
Selain itu informasi tentang
kesehatan juga memberikan dukungan terhadap gaya hidup yang sehat dan
pencegahan terhadap penyakit. Namun manfaat ini tidak langsung bisa didapatkan
oleh remaja karena keterbatasan mereka dalam memahami dan menginterpretasikan
informasi kesehatan yang didapatkannya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan
pendampingan dari orang dewasa atau orangtua agar remaja bisa
menginterpretasikan informasi yang benar tentang masalah kesehatan yang dapat mendukung perkembangan fisiknya.
Dampak pada perkembangan sosial dan emosi
Banyak remaja mengembangkan sense of power and accomplishment bila
mereka mampu menggunakan internet. Bila orang dewasa cenderung melakukan
interaksi yang pertamakali dengan internet karena alasan pekerjaan, maka
umumnya remaja memulainya karena alasan bermain. Namun dari bermain dapat pula
dikembangkan kemampuan kreatif, interaksi yang baik dengan teman yang lain,
mengembangkan kemampuan komunikasi, bahkan memperkaya kemampuan berbahasa
karena besarnya kemungkinan untuk melakukan kontak dengan remaja dari belahan
bumi yang berbeda.
PEMBAHASAN II
GAME ONLINE
MOBIUS WAR
War2 adalah game bertema
strategy-web
-game yang akan membawa setiap gamernya pada petualangan didalam
Perang Dunia II. Semua yang mencoba game ini akan berperan sebagai
military-commander disuatu kota yang terlibat dalam peperangan. Didalam kota
ini, semua kegiatan bisa dijumpai, menyerang, bertahan, membangun
infrastruktur, dan bahkan mengembangkan teknologi militer. Darit tahap awal
hingga akhir, semua gamer akan mengatur segala kegiatan dalam kota tersebut,
mulai dari populasi penduduk (termasuk tenaga kerja), produksi material yang
diperlukan, riset teknologi militer, dan juga produksi perangkat militer.
Game ini juga memfasilitasi untuk berinteraksi dengan gamer lainnya, baik itu dalam kegiatan peperangan maupun melalui jalur diplomasi. Fitur-fitur tentang kisah-kisah nyata para pahlawan dalam Perang Dunia II (termasuk profil para jenderal dan juga taktik perang mereka) juga ada dalam game ini. Tidak hanya itu, War2 juga menggunakan fitur-fitur perangkat militer yang semuanya berasal dari Perang Dunia II (tentara, senjata artileri, kendaran militer, dan sebagainya). Singkatnya, War2 adalah game yang sengaja didesain agar bisa diakses dengan mudah dan juga bisa dimainkan untuk segala usia.
Add caption |
Game ini juga memfasilitasi untuk berinteraksi dengan gamer lainnya, baik itu dalam kegiatan peperangan maupun melalui jalur diplomasi. Fitur-fitur tentang kisah-kisah nyata para pahlawan dalam Perang Dunia II (termasuk profil para jenderal dan juga taktik perang mereka) juga ada dalam game ini. Tidak hanya itu, War2 juga menggunakan fitur-fitur perangkat militer yang semuanya berasal dari Perang Dunia II (tentara, senjata artileri, kendaran militer, dan sebagainya). Singkatnya, War2 adalah game yang sengaja didesain agar bisa diakses dengan mudah dan juga bisa dimainkan untuk segala usia.
Game ini menggunakan
semua senjata perang yang secara historis digunakan dalam Perang Dunia II.
Dengan menggunakan lebih dari 40 tipe peralatan perang di segala medan [darat,
laut dan udara[, semua gamer War2 akan bisa merasakan sensasi yang
sebenar-benarnya dalam berperang. Sebagai contohnya, gamer bisa menjadi
pemimpin dari unit tank Sherman IV [Sekutu], unit penggempur Katyusha [Uni
Soviet], atau justru unit pesawat Stuka [Jerman]. Dengan melakukan riset dan
pengembangan teknologi, maka dengan sendirinya seorang gamer akan bisa membangu
narmada-armada perang yang lebih besar.
Sistem pertempuran yang
realistis akan membantu dalam mengembangkan taktik perang yang inovatif dan
efektif, sehingga bisa menciptakan satuan perang yang kuat. Tapi, efektivitas
ini juga akan memungkinkan seorang gamer untuk mengalahkan armada lainnya yangjauh
lebih kuat.
War2 ini juga memiliki fitur dimana kita bisa menemui para Jenderal yang menjadi pahlawan dalam Perang Dunia II. Seperti Jenderal George S. Patton [Amerika Serikat[, ataupun Jenderal Erwin Rommel [Jerman]. Dengan meggunakan fitur ini, kita akan bisa mempelajari taktik-strategi perang dari para Jenderal seperti dalam perang yang sesungguhnya.
Lahan berupa tanah kosong dan juga lautan luas berperan penting dalam game ini. Dengan membangun pelabuhan laut dan udara, maka turut membangun Angkatan Laut dan Angkatan Udara sekaligus. Bahkan, dengan adanya dua kesatuan ini, kita akan bisa mengeksplorasi wilayah-wilayah potensial yang memiliki banyak sumber daya alam. Kombinasi kekuatan dari Laut dan Udara ini akan menjadi potensi yang bisa digunakan berulangkali dalam menaklukkan wilayah lawan.
Pada awal permainan, Anda diberikan opsi untuk memilih satu dari
dua ras yang dihadirkan di game ini, yaitu manusia dan Nak. Setelah Anda
memilih salah satu ras, karakter yang Anda buat akan berdasar dari ras
tersebut. Jadi, Anda tidak dapat membuat karakter dengan ras berbeda dalam satu
account. Kecuali tentu saja bila semua karakter yang ada dihapus dan Anda akan
diberikan kesempatan untuk memilih ras lain. Kelas karakter dalam L.A.W terbagi
menjadi tiga jenis, yaitu Warrior, Ghost, dan Esper. Setiap kelas tersebut
tentu memiliki perbedaan yang signifikan dari gaya bermain dan skill yang
dimiliki. Sebelum memilih salah satu kelas tersebut, Anda tentu ingin mengenal
lebih jauh, bukan? Berikut sedikit paparan mengenai karakteristik kelas yang
dapat Anda mainkan di L.A.W.
Pemain yang menyukai pertempuran jarak dekat tentu segera
menjatuhkan pilihannya di kelas Warrior! Kelas ini memiliki kekuatan serangan
fisik jarak dekat yang mantap serta besarnya ketahanan fisik. Biasanya, kelas
ini akan menjadi pemain garis depan di dalam party dan peperangan. Alasannya
mudah saja, mereka memiliki pertahanan yang besar dan perlengkapan dengan nilai
armor besar. Selain berfungsi sebagai tameng, Warrior juga dapat dirancang
sebagai pemukul fisik yang dahsyat. Namun tentu saja Anda harus mengorbankan
sedikit nilai pertahanan untuk mendapatkan kekuatan pukul yang besar. Musuh
utama dari Warrior adalah kelas penyerang jarak jauh yang menggunakan sihir
(Esper).
Ghost atau lebih dikenal sebagai ranger merupakan kelas
penyerang jarak jauh yang menggunakan senjata api. Namun, Anda tidak terbatas
hanya menggunakannya sebagai penyerang jarak jauh saja. Kelas ini juga dapat
digunakan untuk pertempuran jarak dekat berkat kelincahan dan serangan dua
senjata. Kemampuannya untuk memberikan damage yang kecil tetapi cepat dapat
digunakan untuk mengacaukan proses casting sihir dari Esper! Oleh karena itu,
Ghost mutlak diperlukan ketika berhadapan dengan musuh yang menyerang dengan
menggunakan sihir! Sayangnya, kemampuan untuk menyerang dengan cepat tersebut
bukan tandingan ketika berhadapan dengan Warrior yang memiliki pertahanan
besar.
Esper merupakan kelas yang harus diakui memiliki tingkat damage
terbesar. Kemampuan mereka untuk menghancurkan musuh dari jarak jauh membuatnya
menjadi prioritas utama untuk dilumpuhkan. Namun, Esper tentu saja memiliki
kelemahan tersendiri. Sebagian besar melibatkan ketahanan fisiknya yang tidak
besar. Oleh karena itu, membangun Esper hingga menjadi mesin penghancur
merupakan proses yang cukup berat. Sebab, kemampuan awalnya tidak begitu
dahsyat. Jadi, Anda harus selalu siap dengan beragam metode penyembuhan,
seperti penggunaan item dan sihir penyembuhan. Seperti pada peribahasa,
bersakit-sakit dahulu, senang kemudian.
L.A.W merupakan game online berjenis Role-playing Game action.
Untuk lebih memudahkan permainan, L.A.W menggunakan kamera orang ketiga dengan
sudut dari belakang karakter. Anda juga dapat mengendalikan kamera dan zoom
dengan menggunakan mouse. Ketika bermain, Anda dapat mengendalikan karakter
dengan menggunakan tombol keyboard “WASD” atau klik mouse. Game ini juga
mengutamakan permainan action yang didominasi skill, seperti yang dapat
ditemukan di MMORPG anyar World of Warcraft. Oleh karena itu, kombinasi skill
merupakan keharusan dan hal ini didukung dengan shortcut tombol yang dapat Anda
kustomisasi sendiri.
Peranan skill dalam game ini begitu besar. Oleh karena itu,
L.A.W memiliki beragam skill yang unik untuk setiap kelasnya. Berbeda dengan
game MMORPG lain yang biasanya menyediakan pohon skill untuk Anda pelajari,
L.A.W mengharuskan Anda untuk membeli skill baru. Jadi, uang dan nilai
pengalaman merupakan dua hal yang krusial untuk perkembangan karakter. Uang
untuk membeli skill dan perlengkapan baru, sementara nilai pengalaman untuk menaikkan
level supaya dapat menggunakan skill tersebut. Ya, perlengkapan dan skill
memiliki batas minimum penggunaan! Jadi, Anda harus bersabar dan merangkak ke
level lebih tinggi untuk menggunakan senjata dan skill keren yang Anda
dambakan!
Bagaimana cara mendapatkan uang dan nilai pengalaman dalam
L.A.W? Tentu saja dengan membunuh monster dan menyelesaikan beragam Quest!
Jangan khawatir, quest dalam game ini begitu banyak jumlahnya dan hadiah yang
diberikannya juga sepantar. Walaupun pada masa open beta masih ditemukan
beberapa quest yang tidak dapat dijalankan (broken quest), tetapi
pihak publisher berjanji akan segera memperbaikinya melalui patch di masa
depan. Nah, kembali ke permainan; monster pada L.A.W juga seringkali
menjatuhkan beragam item dan perlengkapan yang spesial. Jadi, pemain yang
beruntung terkadang dapat menemukan senjata atau armor unik ketika melawan
musuh level rendah sekalipun.
Beragam misi yang diberikan NPC mulai dari quest utama, quest
tambahan, hingga quest yang dapat dijalankan berulang kali menjadi hal
yang tidak boleh ditinggalkan, apalagi dilupakan oleh pemainnya. Beragam
keuntungan bisa Anda temukan dalam quest tersebut, seperti beragam hadiah item,
perlengkapan armor, senjata, skill, dan uang! Tidak ketinggalan pula fitur
quest tracking yang dapat membantu Anda melihat quest mana saja yang belum
selesai dan butuh apa untuk menyelesaikannya. Anda juga dapat meng-klik nama
quest untuk membuat karakter berlari ke arah tujuan quest. Namun, waspadalah
terhadap musuh ketika Anda menggunakan metode ini.
Untuk menambah seru permainan dan sesuai dengan tema perang
antar dua bangsa, L.A.W menambahkan fitur peperangan massal melawan pemain
lain! Dengan bantuan fitur ini, Anda akan mengalami pertempuran besar yang
melibatkan banyak sekali pemain dengan menggunakan kendaraan tempur, seperti
tank dan helikopter untuk mengalahkan bangsa musuh! Oh, I love Tanks!
Fitur ini memiliki peranan penting untuk merebut sumber energi dan sumber daya
mineral yang sangat dibutuhkan untuk kemajuan bangsa dalam L.A W. Tentu saja
supaya Anda bisa membuat lebih banyak tank!
Transformation adalah salah satu fitur unik dalam game ini.
Ketika Anda merasa terpojok, fitur ini dapat mengubah karakter Anda menjadi
monster mutant yang ganas dan kuat! Selain perubahan fisik, Anda juga akan
menjadi lebih kuat, baik dari sisi ketahanan tubuh dan besarnya damage yang
dapat diberikan. Oleh karena itu, Transformation merupakan fitur LAW penting
dan tidak boleh dilewatkan!
Ekonomi merupakan salah satu unsur penting yang ada dalam
MMORPG. Berkat ekonomi yang dinamis, Anda dapat memperkaya diri dengan hasil
jerih payah menjual beragam benda yang Anda miliki. L.A.W memberikan Anda
kesempatan untuk membuat private shop. Fitur
ini memperkenalkan sistem ekonomi trading yang menyerupai pasar saham, lengkap
dengan fluktuasi harga.
Sebelumnya Anda pasti bertanya apa sih “Station” itu? Setiap
pemain L.A.W akan diberikan lahan yang dapat digarap dan dibangun fasilitas.
Konsep station sendiri merupakan ide yang menarik, sebab Anda dapat membangun
beragam fasilitas untuk meneliti perlengkapan perang, seperti armor dan
senjata, terlepas dari dunia permainan yang didiami karakter Anda. Jadi, Anda
dapat mengakses station setiap saat dan dari mana saja. Selain itu, station
juga dapat digunakan untuk menyimpan barang dan menghasilkan mineral sebagai
bahan dasar pembuatan perlengkapan perang. Anda juga bisa meningkatkan
kemampuan station dengan meng-upgradenya menggunakan sumber daya dan uang yang
Anda miliki. Selain itu, Anda harus memantau jumlah pasokan listrik
station Anda! Jangan sampai fasilitas Anda terhenti akibat kurangnya listrik!
Cukup upgrade generator yang ada atau beli yang baru! Fitur ini memberikan
nuansa strategi dan manajemen terhadap L.A.W.
Komunikasi adalah salah satu elemen penting yang tidak boleh
dilupakan oleh gamer online. L.A.W ternyata memiliki sistem komunikasi yang
menarik dengan menggunakan smartphone. Kegunaan fitur ini selain mempermudah
komunikasi dengan teman (terutama ketika akan melakukan party dan perang) juga
sangat membantu untuk memantau harga resource yang terus berubah. Semua tanpa
perlu menghidupkan game dan bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja!
Kesimpulan
Meskipun L.A.W masih memiliki banyak bug dan error yang harus
diperbaiki, setidaknya game ini memberikan gameplay yang cukup menarik. Apalagi
konsep masa depan yang segar membuat permainan memiliki warna yang berbeda dengan
game online yang ada. Pertempuran yang sengit untuk menguasai sumber alam serta
beragam fitur menarik lainnya menjadikan L.A.W sebagai game online yang tidak
boleh Anda lewatkan! Begitu juga dengan tampilan grafis yang menarik dan
memanjakan mata. Jangan lupa, Anda bisa berperang dengan menggunakan tank di
dalam game ini!
Kelebihan
- Game online yang menggabungkan RPG dan RTS
- Sistim PVP secara massal dengan memperkenalkan peperangan sengit antar bangsa
- Sistim transformasi yang dapat mengubah karakter menjadi monster perang (mutant)
- Kualitas grafis yang cukup bagus untuk game online
- Jumlah quest yang banyak
- Quest tracking untuk memudahkan misi Anda
- Konsep station dan ekonomi dinamis
Kekurangan
- Tidak bisa mengubah tombol Shortcut/hotkey
- Sulit untuk melakukan swap weapon pada saat pertempuran
- Begitu banyak bug dan masalah yang harus diatasi publisher
- Terjemahan yang cukup membingungkan
- Tidak ada Macro
Keuntungan untuk kita yang
menggunakan game online ini dapat mengasah otak dalam hal membagi waktu dan
mempunyai strategi yang handal dan mempunyai perhitungan yang kuat.
Kerugian dalam menggunakan game
online ini adalah bagi yang sangat menyukai geme ini dengan berlebihan mungkin
banyak memakan waktu bahkan tidak ingat hal-hal yang harus dilakukan olehnya
semacam lupa makan, belajar bagi pelajar dan mungkin jika yang menggunakan
warnet bisa lupa akan rumahnya.
Sumber :
http://rimatsu.blogspot.com/2011/10/penelitian-psikologi-dan-internet.htmlhttp://rubynamie.blogspot.com/2011/10/blog-post.html
http://http//rac.uii.ac.id/server/document/Public/20110310025336UII%2006320014%20Diki%20Halim%20W%20Pre.pdfhttp://http//skripsi.umm.ac.id/files/disk1/314/jiptummpp-gdl-s1-2009-indrianabi-15684-PENDAHUL-N.pdf
http://cintaolivia.blogspot.com/2011/12/penelitian-psikologi-dan-internet.html
http://nuruliauyunk.blogspot.com/2011/11/berbagai-penelitian-psikologi-dan.html
http://psikologiinternet.blogspot.com/2011/11/penelitian-psikologi-dan-internet.html
http://nadiarahma10.blogspot.com/2011/11/beberapa-penelitian-hubungan-psikologi.html