Sabtu, 24 Desember 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN


MANUSIA DAN PENDERITAAN
Kata yang biasa kita dengar yaitu penderitaan yang berarti sesuatu hal yang di anggap menyulitkan , dari kata dasar derita yang biasa di artikan sesuatu hal yang menyusahkan dan menderita itu hal yang membuat diri kita sakit. Tentu saja penderitaan tidak akan mucul jika tidak ada yang menyebabkannya untuk muncul.

Menurut kitab suci pada agama-agam yang ada penderitaan manusia dianggap sebagai peringatan bagi manusia. Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan manusia bertingkat-tingkat, ada yang berat dan ada juga yang ringan. Akibat penderitaan yang bermacam-macam. Ada yang mendapat hikmah besar dari suatu penderitaan, ada pula yang menyebabkan kegelapan dalam hidupnya. Oleh karena itu, penderitaan belum tentu tidak bermanfaat. Penderitaan juga dapat ‘menular’ dari seseorang kepada orang lain, apalagi kalau yang ditulari itu masih sanak saudara. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.

Ada dua tingkatan yang berbeda bagimanusia yang pertama bahagia dan yang kedua kesusahan. Dari segi ini kita dapat menyimpulkan manusia sebagai makhluk sosial yang tidak selamanya selalu berada di atas dan di bawah, selagi bumi masih berputar roda kehidupan akan tetap berputar. Tidak selamanya manusia bahagia dan tidak selamanya manusia itu berada di bawah. Kebahagiaan datang dari hati kita yang senang dean tidak ada beban, sedangkan terkadang kesulitan itu dating dan membuat kita menderita.
Terkadang penderitaan muncul karena manusia telah terlena oleh kebahagiaan yang datang dan lupa akan segalanya. Dan pencipta murka terhadap kita agar kita sadar akan hal yang telah kita lupakan. dari situlah awal kita di uji Allah bagaimana kita menghadapinya yaitu dengan bersabar tawakal dan selalu tetap berusaha selagi kita masih mampu, dan kita baru akan menyadarinya ketika kita mendapat teguran dari yang maha kuasa.

CATATAN: dalam kasus ini saya dapat menyimpulkan setip perbuatan itu pasti ada akibatnya..perbuatan buruk yang dilakukan seseorang bukan hanya merugikan diri sendiri tapi juga keadaan sekitar..untuk itu sebelum melakukan sebuah perbuatan kita harus memikirkan matang matang sehingga tidak akan merugikan keadan sekitar.



















NishNeshNith

Tidak ada komentar:

Posting Komentar