Sabtu, 24 Desember 2011

APA SIH PERBEDAAN SIFAT DAN KARAKTER ???


Apa si perbedaan sifat dan karakter ????
ehm...sifat , menurutku sih sifat itu akan muncul jika ada rangsangan...
jadi sifat merupakan bentuk respon...
misal sifat pemarah atau penyabar, penyanyang, iri, dengki...tuh semua adalah sifat.
mengenai bisa apa tidaknya sifat itu dirubah, menurutku sih sifat bisa dirubah...tapi memerlukan waktu yg lama, karna harus ditanamkan dulu dalam diri sesorang tersebut untuk tetap ingat untuk merubah sifatnya...
jadi sifat tersebut terkadang muncul spontan jika ada penyebabnya...

kalau karakter, menurutku lebih cenderung ke kejiwaan...bisa dikatakan kumpulan dari beberapa sifat (maksud aku, karakter mempunyai cakupan yg lebih luas/ besar). karakter tidak dinilai dari rangsangan seperti sifat, namun karakter dapat menumbuhkan / menciptakan sesuatu ide yg muncul tanpa perlu ada sesuatu yg memancing ide tersebut (pioneer). karakter bisa juga dirubah. sama hal'nya dengan sifat...karna pada intinya, semua manusia bisa berubah.

Tapi ada beberapa berpendapat seperti contoh halnya binatang koala yang mempunyai karakter pemalas, koala sudah terkenal dengan binatang pemalas yang sehariannya hanya tidur selama 22 jam, dia hanya beraktivitas selama 2 jam, wooowww… malas sekali ya binatang itu.
Dan beda halnya dengan sifat kalau sifat itu sudah berada dalam diri kita dapat dari suatu respon bagaimana seseorang yang menjadi sifat penyayang, baik hati, sopan dll. Yang membedakan adalah kalau sifat dapat berubah sedangkan karakter tidak karena kalau karakter itu sudah menjadi ciri khas tersendiri.
http://forum.detik.com/images/smilies/50.gif
Hampir serupa tetapi tidak sama sich. Mungkin kalo karakter itu cakupannya lebih luas daripada sifat.
Misalnya nich kita baru mengetahui sifat orang kalo kita udah bergaul sama dia. Tetapi kalo karakter, tanpa bergaul dengan orang yang bersangkutan kita udah bisa nebak kira2 karakter orang itu seperti apa...ada hubungannya sama penampilan dan aura juga. Kalo sifat khan enggak, harus ada test drive'nya dulu.

Yang bisa diubah itu sifat. Kalo karakter kayaknya enggak bisa dirubah secara sudah terebntuk secara alami sejak kita kecil. Ibaratnya pohon yang sudah tumbuh menjadi pohon mangga, tidak bisa diubah lagi menjadi pohon pepaya.
http://forum.detik.com/images/smilies/50.gif
Tetapi rasanya khan masih bisa diubah dari asam menjadi manis, misalnya lewat cangkok, menempel, perkawinan silang dengan bibit unggul, enten, merunduk, tiarap, dll.
Segitu aja dari saya, secara saya juga masih 'gelap'.
http://forum.detik.com/images/smilies/50.gif

7 komentar:

  1. jawaban anda plinplan,
    anda menjawab karaktar bsa drubah tetapi anda juga menjawab karakter tdk bsa diubah
    tolong sya ingin tau yg benar menurut anda yg mana
    terimakasih

    BalasHapus
  2. RANCU penjelasan nya ga bisa dijadikan pegangan....
    Mending ga usah menjelaskan kalo blum ngerti soal definisi perbedaan SIFAT DAN KARAKTER

    BalasHapus
  3. terimakasih atas penjelasannya, sebelumnya saya sulit membedakan antara karakter dan sifat :)
    saya setuju dengan komentar dari Mr R, menurut saya karakter itu bisa saja dirubah tapi harus melalui proses dan membutuhkan waktu yang sangat lama,serta kesabaran super, karena untuk mengubah karakter sangat sulit.

    BalasHapus
  4. menurut gw sifat adalah bawaan lahir yang di tanamkan oleh ibu jadi tidak mungkin bisa berubah... tapi klw karakter bawaan dari lingkungan seperti ayah,teman,sekolah dll itu yang bisa di rubah... maaf klw salah

    BalasHapus
  5. ma'f di sini saya hanya menambahkan,,anda benar
    namun ini mungkin dapat membantu
    mari kita renungkan bersama
    karakter itu adalah satu,
    sedangkan sifat ada banyak
    dan sifat ini tentu dapat berubah ubah aesuai bagaimana kita menghapai sikon sehari hari

    BalasHapus
  6. Menurut eike, sifat tdk bs dirubah.dlm diri manusia yg kita kenal yaitu diantaranya sifat Malas & Rajin.Si pemalas, meskipun suatu pekerjaan itu sangatlah mudah dn tdk memerlukan ketrampilan(melalui kursus²), spt misalnya menyapu/ngepel lantai,suatu pekerjaan yg sangat mudah & bs dilakukan siapapun, tpi kalo sifatnya sdh pemalas, mk pekerjaan yg mudah tsb akn mnjadi sulit baginya. Beda sekali dg yg pya sifat rajin,, meskipun lantai masih trlihat bersih dy tetap menyapu & membersihkannya. Contoh lain adlh sifat air yaitu selalu menempati posisi yg lbh rendah/mengalir ke t4 yg lbh rendah. Kalo sifat air itu qt rubah agr ia mengalir ke t4 yg lbh tinggi, suatu hal yg sangat mustahil bukan..??

    BalasHapus